Kamis, 14 Februari 2008

A Lil' Bit about Toraja

Karena ada yang salah satu teman blogger yang pengen diceritain soal Toraja sedikit,,aku bagi aja kali yah di sini..Sebenernya Toraja tuh emang keren banget kan ya? Tapi sayangnya banyak orang yang ga tahu gimana indahnya Toraja, karena mereka lebih mengenal Bali sedalam-dalamnya (Laut kalee...).

Potensi wisata di Toraja tuh sebenarnya gede banget, dan memang udah cukup banyak turis yang ke sana tapi dikarenakan adanya krisis yang melanda di negri ini beberapa tahun lalu, turis2 yang singgah di Toraja agak berkurang.

Kalo kita ngomongin soalnya kawasan wisata sih banyak banget, ada RanteLemo : kuburan orang-orang yang ditaruh di batu-batu plus ada legendanya juga sih, konon kih dulu ada kakak beradik yang pacaran dan dikutuk trus mayatnya juga di taruh di tempat batu2 itu. Bentuknya seperti semacam gua yang asli gelap dan gue jamin sodara-sodara u will be feeling spooky there. Banyak orang-orang kaya zaman dulu yang dikubur di sana. Dan yang paling penting, suasana magisnya kerasa banget. Masih kuat mistisnya. Maklum, kepercayaan orang-orang Toraja akan animisme dan dinamisme juga masih tinggi...

Ada apalagi yah? Ada yang namanya Gunung Sesean, wah gokil ada satu penginapan di sana yang bagus banget, dingin mampus, Puncak ? Wah kalah..
Ngg..kalo suka rafting,,nah Toraja tempatnya, sungainya gahar-gahar cocok pokona buat rafting..
Kalo soal penginapan, ada yang namanya Wisma Maria 1. Wisma itu punya oma (orang tua dari nyokap) yang udah semenjak puluhan tahun lalu. Dari zaman Belanda..Dan wisma itu punya kisah-kisah yang lumayan spooky juga, tapi ga mengganggu tamu kok..
Iyalah gw juga bisa bayangin, dari zaman tentara Belanda sanpe pemberontakan DI/TII di Sulawesi, wisma Maria 1 masih tetap teguh berdiri. Bokap nyokap gue dari kecil di wisma itu sampai akhirnya mereka merantau ke Jakarta city ini,,udah lama banget..dari mereka single sampai akhirnya melahirkan gue..

Yang jelas kalau saudara-saudara mau menginginkan sedikit tempat menginap yang mewah di sana, bisa ke Herritagenya kok,,dijamin aman, nyaman, cozy,,and all the gud things deh..


Mmm ada sodara gue yang liburan bareng pacarnya di sana, dan kata mereka lebih seru tinggal di rumah sodara gue yang ada di satu tempat namanya Kata',,seru lebih berasa suasana alam Torajanya, dan hehee...kalau malam bisa nyari-nyari hantu gitu katanya,,such as : kuntilanak, genderuwo, dan sebagainya..hehehe..Itu dari cerita mereka lho..
Emang pas kok kalau mau dimasukin ke acara GHOSTHUNTERS (acara di AXN, indovision),,gue jamin tuh bule-bule bakal ngerasa freaky out sendiri tanpa perlu pake alat-alat canggih buat deteksi hantu-hantu...hehehe

Oh ya, buat Mbak Sil, ada websitenya tentang Toraja : www.batusura.com

Yaps,,kira-kira itulah a little about where do i come from..

3 komentar:

Wounded Angel mengatakan...

Wah... asyik.. posting ttg toraja... kapan2 saya link posting ini kalo saya lagi ngomongin ttg liburan yach...

Ingetin saya aych kalo udah deket2 liburan.

salam,

Sil

Wounded Angel mengatakan...

Eh ya... saya lupa mo ngasih tahu... ini blog saya yang lain... Baru dicreate sich, karena blog yang silly stupid life udah terlalu banyak yang ngunjungin, saya jadi gak merasa bebas ngeluarin uneg2 lagi...

Apalag yang bawa2 agama... argggghhhh, ribet urusannya ahh...

Eh, comment dua ini bisa diapus gak???

Mbah Sangkil mengatakan...

baca yg bawah kok serem amat mbak? ada mahkluk-mahkluk dimensi lainnya. Hmm... tapi suatu hari saya bakalan ke Tator.. pasti.. tempat yg dari dulu pingin kukunjungi.

salam kenal ya mbah